Wednesday, March 30, 2011

Remaja dan Finansialnya

Photobucket

Most of teenagers have a problem with their financial.
Kau tahu apa itu finansial? Ya, finansial adalah keuangan *simpelnya begitu*.
Pasti kaum dewasa meremehkan kita, mana bisa Anak Baru Gede (ABG) sudah punya masalah finansial? Kan mereka belum bekerja?
Jawabannya adalah : para remaja memang belum punya pekerjaan, namun mereka sudah punya penghasilan, bahkan lebih tetap daripada seorang wiraswasta, yaitu UANG SAKU.
Nah, kebanyakan masalahnya adalah : boros dan tidak bisa mengelola uang saku dengan baik. Apalagi denga kecanggihan teknologi zaman sekarang, setiap remaja pasti punya handphone *anak SD saja sudah punya*. Pengeluaran terbanyak digunakan untuk : PULSA, bahkan biaya pulsa lebih banyak daripada biaya jajan. Ya kan? Hayoo ngaku?

Apalagi cewek, pasti banyak yang mengidap shopaholic (suka belanja berlebihan). Dan biasanya pengeluaran cewek nggak cuma buat beli jajan dan pulsa, tapi juga kuteks lah, aksesoris lah, pakaian lah, ah banyak deh. Lebih rumit daripada cowok.
Untuk itu, tempo hari saya memutar otak, bagaimana caranya mengelola finansial remaja yang baik, terutama untuk diri saya sendiri. Dan, *TINGG* , saya dapat beberapa poin tips.
1. Dapatkan pendapatan sebanyak mungkin
Tapi nggak boleh malak orang tua, durhaka namanya. Sebagai remaja zaman sekarang harus kreatif dong. Mulailah berbisnis, bisnis pulsa, kue, aksesoris buatan sendiri, dll. Asal jangan sampai mengganggu prestasi belajar kalian,
2. Catat pendapatan dan pengeluaran setiap hari, serinci mungkin.
3. Simpan sisa uang, berapapun dan sekecil apapun nilainya, jangan ditaruh/dibuang sembarangan.
4. Kurangi belanja barang yang tidak penting
5. Jangan banyak menyumbang uang hanya agar terlihat bagus di mata orang lain.
Itu nggak ikhlas namanya.
6. Nikmati tabunganmu pada “waktunya”.
Kalau nggak ada sesuatu yang darurat mending ditunda dulu deh buka celengannya.

No comments:

Post a Comment